Senin, 28 November 2016

Perbedaan RAM Dan ROM Komputer

A.    Pengertian RAM

Pengertian dari Ram adalah singakatan dari Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memoryRAM), dimana ram dalah suatu tipe penyimpanan komputer yang di isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
Fungsi Ram untuk Komputer atau Laptop
Fungsi dari Ram adalah untuk membantu kinerja komputer anda agar bisa menyimpan data secara sementara, jika anda bingung contoh kasus nya seperti ini.

Gambar RAM



Kelebihan Dan Kekurangan RAM

Kelebihan
Kekurangan
     1. Membuat penyimpanan data sehingga tidak memerlukan banyak tempat.

1. Harga memori terlalu mahal menurut golongan masytarakat menengah kebawah 
2. Dapat menyimpan data dengan mudah dan praktis
      2. Memori digunakan hanya oleh golongan tertentu saja. Kurangnya sosialisasi penggunaan memori sehingga sulit untuk digunakan oleh orang awam.



B. ROM

ROM adalah singkatan dari ‘ Read Only Memory ‘ yaitu suatu perangkat keras pada komputer atau PC yang berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya bisa dibaca saja. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM (Random Access Memory), walaupun keduanya mempunyai kesamaan yaitu dapat diakses secara acak atau random. ROM (Read Only Memory) berbeda dengan RAM (Random Access Memory).
Atau bias juga definisi ROM adalah salah satu memori yang terdapat di dalam komputer. ROM ini mempunyai sifat permanen, yang artinya program atau data yang disimpan didalam ROM tidak mudah hilang ataupun berubah-ubah walau aliran listrik di sudah matikan. Menyimpan data di dalam ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program atau data yang ada diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena itu sifat ini, biasa dipakai untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan sangat erat dengan perangkat keras).
Gambar ROM


Kelebihan Dan Kekurangan ROM
Kelebihan
Kekurangan
  1. Virus tidak dapat merusak sebagian atau keseluruhan isi dari program yang tersimpan didalam Bios tersebut.

1. Tidak dapat di upgrade atau dimodifikasi secara umum isi dari program Bios tersebut baik itu sebagian maupun keseluruhannya. Sehingga suatu saat segala perhitungan yang berhubungan dengan tanggal, bulan dan tahun seperti program aplikasi Microsoft exel atau lotus akan menyimpang bila tanggal, bulan, dan tahun dari
2. Isi dari program Bios ini baik sebagian maupun keseluruhannya tidak dapat dirusak atau diubah oleh pulsa listrik, selama stiker yang terdapat pada Bios
      2. Arus listrik yang tudak stabil dapat merusak sebagian atau keseluruhan isi dari program yang tersimpan di dalam Bios tersebut








http://rizkiahmad13205111.blogspot.co.id/2014/12/makalah-tentang-rom.html
http://www.teorikomputer.com/2012/08/ram-random-acces-memori.html


http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-ram-dan-fungsi-ram/

1 komentar: