Sabtu, 21 April 2018

#MULTIMEDIA_APRIL


v  MULTIMEDIA_APRIL


Dalam postingan blog kali ini saya akan menjelaskan tentang teori yang mencakup multimedia diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Physical Layer?
2. ADSL?
3. SDSL?
4. Wi-Fi?
5. Hal-hal yang dapat mengganggu sinyal Wi-Fi?
6. Setting IP Adresess?

1.  Physical Layer
Physical layer merupakan Lapisan pertama dalam model referensi jaringan OSI (lapisan ini merupakan lapisan terendah) dari tujuh lapisan lainnya. Lapisan ini mendefinisikan antarmuka dan mekanisme untuk meletakkan bit-bit data di atas media jaringan (kabel, radio, atau cahaya). Selain itu, lapisan ini juga mendefinisikan tegangan listrik, arus listrik, modulasi, sinkronisasi antar bit, pengaktifan koneksi dan pemutusannya, dan beberapa karakteristik kelistrikan untuk media transmisi (seperti halnya kabel UTP/STP, kabel koaksial, atau kabel fiber-optic).
 Adapun fungsi dari Physical Layer, yaitu :
v  Mengirimkan bit stream sepanjang media komunikasi fisik
v  Mendefinisikan kabel, Network Interface Card, dan aspek-aspek fisik
v  Mendefinisikan bagaimana NIC terpasang pada hardware,bagaimana kabel terpasang pada NIC Mendefinisikan teknik untuk mengirimkan bit stream ke kabel



 


Ada beberapa proses penting yang dapat dilakukan oleh physical layer dalam proses transmisi paket data dalam jaringan komputer. Berikut ini adalaah beberapa proses pentingnya:
v  Physical layer akan berhubungan langsung degnan perangkat keras jaringan komputer; seperti kabel, hub, switch dan juga LAN card.
v  Physical layer membantu melakukan definisi terhadap media transmisi jaringan.
v  Physical layer membantu melakukan definisi terhadap metode persinyalan yang akan digunakan dalam proses transmisi.
v  Melakukan proses sinkronisasi terhadap bit data.
v  Melakukan pengaplikasian terhadap topologi jaringan komputer yang digunakan.
v  Mendefinisikan LAN Card. (baca juga: fungsi LAN card)
v  Mendefinisikan arsitektur dari sebuah jaringan komputer yang akan digunakan.
v  Physical layer memilki spesifikasi berupa voltase, wire, speed, dan juga jumlah pin pada kabel.
v  Physical layer mampu untuk berkomunikasi secara langsung dengan berbagai jenis media transmisi.
v  Physical layer dapat menentukan kebutuhan listrik, proseduran dan juga fungsional dari sebuah jaringan komputer.
v  Dapat melakukan proses penonaktifan hubungan fisik antar sistem.
v  Melakukan proses pemindahan bit antar device atau alat.
Karena layer yang berhubungan dengan bentuk fisik dari beberapa perangkat keras jaringan komputer, maka keberadaan layer physical ini sangat membantu agar setiap perangkat keras jaringan komputer bisa bekerja dengan baik, dan mampu melakukan proses transmisi data dan juga informasi dengan baik.

     



 https://agungborn91.wordpress.com/2013/05/23/physical-layer-lapisan-fisik-pada-model-osi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Lapisan_fisik 
https://mardiansyah313.wordpress.com/2016/05/25/physical-layer-pada-osi-layer/
https://www.techopedia.com/definition/8866/physical-layer
https://www.studytonight.com/computer-networks/osi-model-physical-layer


2. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
            ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) merupakan metode transmisi data digital berkecepatan tinggi melalui kabel tembaga. ADSL mampu mengirimkan data dengan kecepatan bit yang tinggi, berkisar antara 1.5 Mbps – 8 Mbps untuk arah downstream (sentral – pelanggan), dan antara 16 Kbps – 640 Kbps untuk arah upstream (pelanggan – sentral) sehingga ADSL lebih cocok untuk kalangan rumah tangga yang umumnya lebih banyak kegiatan menerima dibandingkan mengirim. Seperti men-download data, musik, gambar dan video dalam multimedia. Gambar perangkat Adsl dapat dilihat pada gambar dibawah ini :



            

Apa itu modem ADSL? Modem ADSL merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ataupun router ke saluran telepon sehingga dapat mentransfer data maupun menakses internet. Pada ADSL memiliki berbagai macam jenis kecepatan, USB (Universal Serial Bus), router dan perangkat-perangkat lain yang terdapat di dalamnya. Seperti misalnya ada yang dapat digunakan untuk 2 (dua) komputer dengan menggunakan USB dan ada juga yang dapat digunakan hingga 4 (empat) komputer bahkan lebih dengan menggunkan Ethernet LAN. Terdapat beberapa lampu indikator pada modem ADSL yang fungsinya untuk mengetahui jalannya proses koneksi yang sedang terjadi. Biasanya lampu yang terdapat pada modem ADSL diantaranya lampu PPP, lampu Power dan lampu DSL. Tapi ada juga lampu tambahan jika menggunakan koneksi Ethernet LAN dan USB. Lampu DSL dapat menunjukan koneksi bahwa sudah sudah terhubung atau belum perangkat pada line telepon dan lampu PPP dapat menunjukan adanya arus data saat melakukan serching.
Adapun hal yang terpenting dalam menggunakan ADSL yaitu IP modem dan kata sandinya (password), kenapa hal ini penting? Karena menyangkut keamanan dari penggunaan layanan untuk konsumen yang diberikan oleh pihak provider. IP menjadi salah satu syarat untuk memasuki jaringan internet, jika ingin menubah kata sandi biasanya perlu memasukannya kembali sesuai dengan perubahan yang dilakukan. Jika semua proses ini berhasil maka akan terhubung ke jaringan internet dengan ADSL.
Beberapa kelebihan ADSL, diantaranya yaitu:
v  Memiliki pembagian frekwensi menjadi 2 (dua) macam diantaranya frekwensi tinggi untuk menghantarakna data dan frekwensi rendah untuk menghantarkan suara maupun fax.
v  Untuk di Indonesia pelanggan yang menggunakan Spidiy, maka ADSL membuat kegiatan ber-Internet menjadi lebih hemat. Sehingga dapat melakukan akses internet tanpa mengkhawatirkan tagihan yang terlalu mahal.
v  Layanan komunikasi antara data dan suara diberikan melalui 2 (dua) kanal yang memang terpisah akan tetapi tetap pada satu kabel yang sama.
v  Koneksi ADSL selalu tersambung dengan internet setiap saat dan telepon tetap dapat digunakan kapan saja.
v  Dan kecepatan internet yang selalu stabil.
Beberapa kekuranga ADSL, diantaranya yaitu:
v  Jarak dapat berpengaruh pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan komputer atau saluran telepon dengan gardu telepon, maka akan berpengaruh pada kecepatan dalam menakses internet.
v  Adanya load coils yang digunakan untuk memberi layanan ke plosok-plosok daerah, sehingga load coils akan menggeser frekwensi suara ke frekwensi yang biasanya digunakan ADSL. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya interfensi maupun ketidak cocokan jalur pada ADSL.
v  Adanya bridge tap yang merupakan kabel tidak berada pada jalur langsung antara pelanggan dengan CO. Jadi bridge tap dapat menimbulkan noise yang nantinya dapat mengganggu kinerja dari ADSL.
 Itulah penjelasan tentang pengertian ADSL, semoga dapat kamu dipahami dan mohon maaf jika terdapat kesalahan maupun kekurangan pada penjelasan ini untuk gambaran instalasi adsl bias dilihat seperti gambar dibawah ini:

 




http://www.pengertianku.net/2015/10/pengertian-adsl-dan-fungsinya.html
http://www.temukanpengertian.com/2016/02/pengertian-adsl.html
https://ofajar88.wordpress.com/2008/09/20/adsl/
http://ima-rund.blogspot.co.id/p/isdn-dan-adsl.html
https://koleksibukukuliah.blogspot.co.id/2017/09/koneksi-internet-dengan-adsl-asymmetric.html 



3. SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)
            SDSL  merupakan singkatan dari Symmetric Digital Subscriber Line ialah layanan akses internet kecepatan tinggi dengan penyesuaian upstream dan downstream kecepatan data. Hal itu dapat di artikan bahwa data dapat di kirim ke internet dari mesin klien dan diterima dari internet dengan ketersediaan bandwidth yang sama dari kedua arah. Fitur inilah yang menyimpulkan bahwa SDSL ialah layanan internet yang baik dari segi kecepatannya. SDSL yang merupakan singkatan dari Symmetric Digital Subscriber Line ialah layanan akses internet kecepatan tinggi dengan penyesuaian upstream dan downstream kecepatan data. Hal itu dapat di artikan bahwa data dapat di kirim ke internet dari mesin klien dan diterima dari internet dengan ketersediaan bandwidth yang sama dari kedua arah. Fitur inilah yang menyimpulkan bahwa SDSL ialah layanan internet yang baik dari segi kecepatan, gambar SDSL dapat dilihat dibawah ini sebagai gambaran umum:




 



Sebuah penawaran penyedia layanan SDSL menawarkan nilai yang berbeda untuk berbagai harga. Semakin cepat laju data, semakin mahal harga layanannya. Biasanya, kontrak jangka panjang yang diperlukan untuk layanan SDSL terlepas dari kelas yang dipilih.
SDSL menggunakan frekuensi digital dalam perjalanan lintas telepon untuk mengirim dan menerima data. Bila menggunakan saluran telepon untuk SDSL, line telepon dan faks harus dihentikan. Oleh karena itu line khusus, atau tambahan diperlukan untuk layanan SDSL. Ini berbeda dari ADSL, yang “menyisakan ruang” untuk kedua peralatan telepon analog standar dan sinyal digital, sehingga seseorang dapat berbicara di telepon atau menggunakan mesin fax saat online.
Layanan SDSL adalah layanan “always on”, yang berarti bahwa komputer ini aktif terhubung ke Internet. Jika komputer aktif, koneksi internet akan terus aktif. Â SDSL memerlukan layanan modem SDSL, biasanya diberikan oleh penyedia layanan Internet. Modem SDSL kemungkinan akan membutuhkan same-vendor peralatan di LAN, DSL atau chipset.
Selain bisnis, SDSL juga dapat melayani individu yang membutuhkan kecepatan upload tinggi. Berbagi jaringan komputer misalnya, telah menjadi sangat populer, dan dengan itu kebutuhan untuk program upload dan file – file sering sangat besar. SDSL adalah pilihan yang baik untuk berbagi jaringan kelas berat, selama pengguna memiliki saluran telepon lain untuk mendedikasikan ke layanan tersebut atau memilih untuk menghentikan layanan telepon saat online.
SDSL tidak tersedia di semua area dan kecepatan mungkin bervariasi tergantung pada jarak fisik Anda dari hub lokal. SDSL juga lebih mahal daripada ADSL, tapi juga mempunyai beda bagi mereka yang menuntut kebutuhan prima. Untuk rangkaian instalasi Sdlsl dapat dilihat pada gambar berikut:



  
 




Kekurangan dari SDSL ini adalah :

Berikut adalah beberapa point kekurangan dari penggunaan SDSL
v  Jika tidak menggunakan sistem anti petir (grounding) yang baik maka akan boros modem (terkena     petir terus)
v  Kabel diputus orang lain.
v  Modemnya lebih mahal dari modem ADSL.
v  Hanya dapat digunakan pada saluran sepanjang 10 kft.



Kelebihan SDSL.
v  Bandwidth yang disalurkan simetrik dalam arti kecepatan.
v   Delay rendah.
v  Tidak bergantung dan tidak mengganggu pada saluran telepon yang ada.
v  Sistem point to point antara ISP dengan Pelanggan.    



https://ekofitriyanto.wordpress.com/2014/04/20/pengertian-cara-kerja-adsl-sdsl-hotspot-wifi-nircable-technology/
http://chordslagukita.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-sdsl.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Symmetric_digital_subscriber_line
http://spaceku.com/pebedaan-jenis-dsl-adsl-sdsl/
https://luqm4ntr.wordpress.com/2014/04/22/artikel-mengenai-adsl-sdsl-hotspot-wifi-nircable-technology/




4. WI-FI 
Wi-Fi merupakan kependekan dari “Wireless Fidelity”, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Local (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan access point (hotspot) terdekat. Spesifikasi Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu: 802.11a, 802.11b, 802.11g, and 802.11n. Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi. Di banyak bagian dunia, frekuensi yang digunakan oleh Wi-Fi, pengguna tidak diperlukan untuk mendapatkan ijin dari pengatur lokal.gambar wifi secara umum seperti dibawah ini:



Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLANs (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah nama dagang (certification) yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (Internet) yang bekerja di jaringan WLANs dan sudah memenuhi kualitas interoperability yang dipersyaratkan.
Teknologi Internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringanWireless Metropolitan Area Network (WMAN).
Karena perangkat dengan standar teknis 802.11b diperuntukkan bagi perangkat WLAN yang digunakan di frekuensi 2,4 GHz atau yang lazim disebut frekuensi ISM (Industrial, Scientific dan Medical). Sedang untuk perangkat yang berstandar teknis 802.11a dan 802.16 diperuntukkan bagi perangkat WMAN atau juga disebut Wi-Max, yang bekerja di sekitar pita frekuensi 5 GHz.s. untuk cara kerja wifi dapat dijelaskan sebagai berikut :
           
Cara kerja WI-FI:

Sistem wireless terdiri dari tiga komponen dibutuhkan. Yaitu:
v  Sinyal Radio (Radio Signal).
v  Format Data (Data Format)
v   Struktur Jaringan atau Network (Network Structure).

lapisan bawah yang biasa disebut dengan physical layer, atau lapisan fisik. Lalu Format Data atau Data Format mengendalikan beberapa lapisan diatasnya. Dan struktur jaringan berfungsi sebagai alat untuk mengirim dan menerima sinyal radio. Saat akan mengirim data, peralatan-peralatan Wireless tadi akan berfungsi sebagai alat yang mengubah data digital menjadi sinyal radio. Lalu saat menerima, peralatan tadi berfungsi sebagai alat yang mengubah sinyal radio menjadi data digital yang bisa dimengerti dan diproses oleh komputer.

Prinsip dasar yang digunakan pada teknologi wireless ini sebenarnya diambil dari persamaan yang dibuat oleh James Clerk Maxwell di tahun 1964. Dalam persamaan itu, dengan mudah dan jelas Maxwell berhasil menunjukkan fakta bahwa, setiap perubahan yang terjadi dalam medan magnet itu akan menciptakan medan-medan listrik. Dan sebaliknya, setiap perubahan yang terjadi dalam medan-medan listrik itu akan menciptaken medan-medan magnet. Maxwell menjelaskan, saat arus listrik AC (Alternating Current) bergerak melalui kabel atau sarana fisik (konduktor) lainnya maka, beberapa bagian dari energinya akan terlepas ke ruang bebas di sekitarnya, lalu membentuk medan magnet ataualternating magnetic field. Kemudian, medan magnet yang tercipta dari energi yang terlepas itu akan menciptakan medan listrik di ruang bebas, yang kemudian akan menciptakan medan magnet lagi, lalu medan listrik lagi, medan magnet lagi, dan seterusnya. Hingga arus listrik yang asli atau yang pertama terhenti. Gambar berikut adalah contoh instalasi Wifi.



,




https://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi
https://pengertianjaringankomputer.wordpress.com/2011/11/27/pengertian-jaringan-komputer-wifi-adalah/
http://www.indraservicelaptop.com/2014/04/pengertian-wifi-dan-fungsinya.html
https://wifi.id/news/157/Pengertian+dan+Fungsi+WiFi
http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2016/06/pengertian-dan-keunggulan-wifi.html

5. Hal-Hal Yang dapat Mengganggu sinyal WI-FI
Bagi pengguna teknologi modern sekarang ini WI-FI sudah tidak asing lagi dan sudah jamak digunakan dalam koneksi antar sauatu jaringan atau akses data antar jaringan. Wifi ( wireless fidelity ) merupakan akses sambungan antar suatu perangkat tanpa kabel sebagai teknologi terkini setelah akses jaringan via kabel data yang kurang efisien. Kali ini Dunia android akan membahas tentang apa saja penghalang yang mempengaruhi kekuatan signal dan transfer data pada jaringan wifi di Ponsel android dan di perangkat lain pada umumnya.         

           

    

 




Tadi saya membaca cukup banyak artikel tentang sinyal WiFi, khususnya tentang hal-hal apa saja yang bisa mengganggu kulitas sinyal WiFi. Walaupun saat ini saya tidak merasa ada masalah dengan sinyal WiFi saya (masih mencukupi untuk kebutuhan saya), tapi sebagai pengetahuan tidak ada salahnya kan mengetahui daftar hal apa saja yang bisa mengganggu kualitas dari pada sinyal yang digunakan pada rumah atau pribadi sinyal WiFi kita, berikut ini daftarnya:


v  Jaringan WiFi tetangga yang menggunakan channel frekuensi yang sama bisa mengganggu sinyal WiFi kita, hal ini bisa kita coba atasi dengan berpindah ke channel frekuensi lain.
v  Router / access point itu umumnya beroperasi pada range frekuensi 2.4 GHz, nah di dunia ini ada juga perangkat elektronik lainnya yang beroperasi pada range frekuensi yang sama seperti oven microwave, telepon wireless dan perangkat bluetooth. Jadi kalau memungkinkan hindari lah membeli atau menggunakan perangkat-perangkat elektronik yang beroperasi pada frekuensi 2.4 GHz.
v  Semua benda yang memiliki permukaan terbuat dari logam bisa memblok sinyal WiFi, termasuk cermin karena cermin itu bagian belakangnya berupa lapisan logam tipis, oleh karena itu sebisa mungkin jauhkanlah benda-benda dengan lapisan logam tersebut
v  Jaringan radio WiFi terganggu
Sinyal radio dari berbagai macam barang-barang elektronik di sekitar rumah kamu atau di sekitar perangkat router dapat mengganggu sinyal jaringan WiFi. Seringkali barang-barang elektronik ini justru tidak kamu sadari dapat mengganggu keasyikan kamu saat berselancar di internet.
v  Barang-barang elektronik tersebut dapat berupa perangkat telepon tanpa kabel, perangkat dengan konektivitas Bluetooth, pembuka pintu garasi secara otomatis, hingga microwave. Barang-barang ini dapat mengganggu sinyal radio WiFi saat mereka dinyalakan atau dioperasikan. Solusi: Sama seperti memperlakukan kedua binatang peliharaan yang tidak akur, pisahkan mereka jauh-jauh. Cara lainnya adalah dengan mengubah beberapa pengaturan radio jaringan WiFi untuk menghindari masalah ini

v  Tenaga atau jarak jaringan WiFiSetelah dijauhkan dari gangguan perangkat lain, sinyal WiFi tetap lemah diterima perangkat. Kemungkinan kedua adalah soal tenaga dan jarak dari router-nya. Perangkat yang digunakan untuk terkoneksi WiFi terlalu jauh dari sumber WiFi atau bahkan pada beberapa kasus dapat terjadi perangkat tersebut terlalu dekat dengan router.
Solusi: Kestabilan jaringan WiFi bisa sangat tergantung pada kondisi jarak. Ibarat sebuah hubungan asmara, terlalu jauh terkendala rindu, terlalu dekat jadi mudah bosan. Memindahkan lokasi laptop atau komputer bisa menjadi solusi yang mudah, tapi tidak selalu bisa menjadi solusi yang tepat.


 





https://segiempat.com/tips-dan-cara/teknologi/internet/faktor-yang-mempengaruhi-sinyal-wifi/
http://www.pintarkomputer.com/5-faktor-yang-dapat-menentukan-kuat-lemahnya-sinyal-wireless-wi-fi/
http://rnet-group.blogspot.co.id/2014/04/faktor-apa-saja-yang-mempengaruhi.html
http://www.norisanto.com/wireless/apa-saja-komponen-komponen-penting-pada-jaringan-wifi/
http://www.reopan.com/alasan-koneksi-internet-wifi-lambat-lelet-sinyal-full-penuh/


6. Setting IP Address
Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung di dunia. Agar dapat berkomunikasi dan bertukar data, antar komputer ini membutuhkan alamat sebagai identitas pengenal. Alamat itulah yang secara global disebut dengan IP Address. IP Address adalah alamat atau identitas numerik yang diberikan kepada sebuah perangkat komputer agar komputer tersebut dapat berkomunikasi dengan komputer lain.
Alamat atau Identitas tersebut berupa nomer yang terdiri dari 4 blok bilangan desimal yang nilainya terbatas dari angka 0 sampai 255. Contohnya seperti gambar yang tampil dibawah ini.


 

v  Cara Setting IP Address

Sedangkan untuk menyeting IP anda membutuhkan beberapa kolom isian lagi yang harus dipahami, yaitu defaulit gateway dan dns.
Kolom Gateway bisa diisikan dengan alamat router. Router itu sendiri berfungsi untuk menjebatani antara jaringan anda dengan jaringan yang lain seperti jaringan lokal anda dan jaringan internet. Maka agar komputer yang anda setting bisa terhubung ke internet harus di setting alamat IP Router pada default gateway.
Modem yang diberikan oleh isp juga dianggap sebagai router, sehingga untuk terhubung ke internet kita tinggal mengisikan alamat modem pada gateway. Biasanya 192.168.1.1
Sedangkan DNS adalah sebuah server yang berfungsi untuk menerjemahkan domain ke alamat IP. Misalnya ketika anda mengunjungi meretas.com sebenarnya anda mengakses ke alamat IP tertentu di internet. 



Untuk menyeting IP di sistem operasi windows anda bisa menuju ke Control Panel > Network and Internet > Network Connection > Local Area Connection lalu pilih IPv4 dan isikan alamat ip tersebut.


 http://www.beeaccounting.com/kb/setting-ip/
http://www.pintarkomputer.com/cara-setting-mengganti-ip-address-pada-komputer-os-windows/
http://cara-terindah.blogspot.co.id/2014/01/cara-setting-manual-ip-adress-di.html
https://rtrwnetnad.wordpress.com/artikel/cara-setting-ip-address-di-windows-xp/
https://id.wikihow.com/Mengatur-Alamat-IP-Statis-di-Komputer


           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar