Minggu, 25 Maret 2018

MULTIMEDIA_MARET

MULTIMEDIA

1.      Pengertian Multimedia

  Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat sarana atau alat yang digunakan untuk menyimpan informasi. Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia dapat diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen tersebut berupa : teks, gambar, suara, animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan baik secara linier maupun interaktif.






Referensi:




2. Konsep Dasar Multimedia
   Konsep multimedia diartikan sebagai kumpulan atau gabungan dari berbagai peralatan media yang berbeda untuk digunakan persentasi. Pada tahun 90-an multimdia dimaknai sebagai Transmitting text, audio and graphic in real time. makna yang lebih luan menurut  Gayestik ( 1993 ) multimedia sebagai suatu  sistem komunikasi interaktif berbasis komputer yang mampu menciptakan, menyimpan, menyajikan, dan mengakses kembali informasi berupa text , gerafik, suara, video atau animasi.



Referensi:


3.   Pemanfaatan Multimedia
     Multimedia dapat ditempatkan dimana saja selama masyarakat membutuhkan akses ke sumber informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.




Referensi :





4.  Multimedia Dalam Pendidikan
    Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi contohnya untuk pendidikan dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk susuai dengan fungsinya dalam pendidikan. Fungsi teknologi informasi dan Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan sudah menjadi keharusan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi. Berbagai aplikasi teknologi informasi dan komunikasi sudah tersedia dalam masyarakat dan sudah siap menanti untuk dimanfaatkan secara optimal untuk keperluan pendidikan. Pada kondisi riil, teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan nantinya berfungsi sebagai gudang ilmu, alat bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar kompetensi, penunjang untuk administrasi, alat bantu manajemen sekolah, dan sebagai infrastruktur pendidikan.





Referensi:



5. Multimedia Dikalangan Masyarakat
   Dalam masyarakat. Peranan multimedia menimbulkan dampak positif dan negatif. dampak positif yang ditimbulkan adalah dari hari ke hari perkembangan multimedia semakin maju, hal ini disebabkan semakin perkembangannya multimedia juga memberi dampak atau perubahan yang beragam bagi beranekaragamnya kebutuhan akan multimedia. Apabila digunakan dengan baik akan luar biasa manfaatnya. Informasi yang disampaikan dalam berbagai bentuk seperti gambar, film atau video, suara dan konten-konten interaktif dapat menarik para pencari informasi dalam melengkapi penulisan ilmiah atau yang lainnya. Selain dampak positif, perkembangan multimedia pun mempunyai dampak negatif.





Referensi:





6.  Perangkat untuk membuat aplikasi Multimedia (Komputer)
    Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
 Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang dibuat ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
berikut perangkat yang mendukung terciptanya multimedia :
1. CD / DVD ROM Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.

2. Card (kartu suara) adalah perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).




3. (Graphic Card / Display Adapter) Kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung langsung di papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar) agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).

8 komentar:

  1. Zoom Teeth Whitening menjanjikan untuk meringankan gigi yang berubah warna dengan menghilangkan noda secara efektif dengan gel pemutih yang dioleskan dengan sinar laser. Gel pemutih dibuat dengan hidrogen peroksida, zat pemutih yang umum. Ini dijamin aman karena sebagian besar prosedur pemutihan gigi menggunakannya sebagai pemutih. Prosesnya memakan waktu singkat dengan pembersihan gigi dan sesi pemutihan selama 45 menit. Sistem bekerja saat laser mengeluarkan cahaya untuk mengaktifkan gel. Karenanya, oksigen menembus enamel gigi dan dentin untuk mencerahkan gigi dan menghilangkan noda. Dengan sinar laser Zoom, gigi dapat memutihkan sebanyak delapan warna lebih banyak daripada sistem pemutih yang tidak diaktifkan dengan laser.Guru Pilot

    BalasHapus
  2. Spend your consumer dollar wisely. ...
    Know who's looking after your money (and what they're doing with it) ...
    Give a percentage of your income to charity every year. ...
    Give blood (and your organs, when you're done with them) ...
    Avoid that #NewLandfillFeeling. ...
    Use the interwebz for good. ...keyboard frog

    BalasHapus
  3. Teknologi informasi meliputi teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang
    digunakan untuk memproses dan menyebarkan informasi baik bersifat finansial maupun
    non finansial. Investasi di bidang teknologi informasi membutuhkan dana yang besar dan
    akan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Besarnya dana yan dikeluarkan
    tersebut mengharuskan organisasi untuk memanfaatkan teknologi informasi secara
    optimal. Pemanfaatan teknologi informasi secara efektif dapat dilakukan jika tiap individu
    dalam organisasi dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik. Artikel ini
    memberikan penjelasan mengenai faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap
    pemanfaatan teknologi informasi dengan melakuakan kajian secara teoritis.
    Berdasarkan kajian teori dan telaah terhadap hasil-hasil penelitian sebelumnya
    yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi diperoleh enam faktor yang
    mempengaruhi pemanfaatan t. sumber kopi gratis

    BalasHapus
  4. Physical layer merupakan Lapisan pertama dalam model referensi jaringan OSI (lapisan ini merupakan lapisan terendah) dari tujuh lapisan lainnya. Lapisan ini mendefinisikan antarmuka dan mekanisme untuk meletakkan bit-bit data di atas media jaringan (kabel, radio, atau cahaya). Selain itu, lapisan ini juga mendefinisikan tegangan listrik, arus listrik, modulasi, sinkronisasi antar bit, pengaktifan koneksi dan pemutusannya, dan beberapa karakteristik kelistrikan untuk media transmisi (seperti halnya kabel UTP/STP, kabel koaksial, atau kabel fiber-optic). frog gula

    BalasHapus
  5. Nasal spray atau obat semprot hidung adalah cara mengatasi hidung tersumbat dengan cairan yang disemprotkan ke hidung. Cara ini dilakukan untuk ... untuk kamu

    BalasHapus
  6. Nasal spray atau obat semprot hidung adalah cara mengatasi hidung tersumbat dengan cairan yang disemprotkan ke hidung. Cara ini dilakukan untuk ... hardisk blog

    BalasHapus