Selasa, 11 Oktober 2016

Perbedaan Transmisi Manual Dan Transmisi Otomatis Pada Mobil






      A.    Transmisi Manual

Transmisi manual adalah tipe transmisi yang digunakan pada kendaraan bermotor. Sistem ini dibuat dengan menggunakan suatu clutch yang dioperasikan oleh pengemudi untuk mengatur perpindahan torsi dari mesin menuju transmisi, serta pemindah gigi yang dioperasikan dengan tangan (pada mobil) atau kaki (pada motor). Gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 sampai 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R). Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan kendaraan pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi percepatan.





                                                 Gambar Transmisi Manual


Tabel Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Manual


Kelebihan
Kekurangan
·       Transmisi manual lebih menjimatkan minyak serta lebih cekap daripada transmisi automatik.


·   Penukaran gear yang lancar, pantas dan pasti pada transmisi automatik tidak dapat dijamin pada transmisi manual.


·  Kotak gear manual adalah lebih ringan daripada kotak gear automatik.


·      Transmisi manual membebankan pemandu semasa mengharungi kesesakan jalan raya yang sangat teruk.
·      Model kenderaan dengan transmisi manual adalah lebih murah daripada model yang sama tetapi dengan transmisi automatik.
·   Transmisi manual tidak sesuai digunakan oleh orang kurang upaya. Jika boleh pun, proses pengubahsuaian adalah sukar dan ekstensif.
·    Pemandu mempunyai lebih kawalan serta penyertaan terhadap transmisi manual merbanding transmisi automatik,
·      Cakera klac boleh haus maka perlu ditukar secara berkala



.

      B.     Transmisi Otomatis
Transmisi otomatis adalah transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. Pada transmisi otomatis roda gigi planetari berfungsi untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi seperti halnya pada roda gigi pada transmisi manual.Kecenderungan masyarakat untuk menggunakan transmisi otomatis semakin meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini, khususnya untuk mobil-mobil mewah, bahkan type-type tertentu sudah seluruhnya menggunakan transmisi otomatis

 

Gambar Transmisi Otomatis








Tabel Kelebihan Dan Kekurangan Transmisi Otomatis


Kelebihan
Kekurangan
·        Mudah digunakan

   Mobil matic termasuk mudah untuk dikendarai, bahkan oleh orang awam sekalipun, dengan sedikit belajar maka akan langsung bisa menyetir.
· Biaya perawatan mahal


   Biaya untuk service mobil matic cukup mahal, anda harus sering-sering mengganti olikarena putaran mesin mobil matic lebih sering dan kita tidak bisa mengaturnya sesuka hati, maka dari itu daya tahan oli tidak akan bertahan lama


·         Tidak repot

     Untuk mengendarai mobil matic hanya dengan menginjak pedal gas mobil langsung bisa jalan, tanpa perlu repot mengurusi perpindahan transmisi
·    Boros bahan bakar


     Konsumsi bahan bakar mobil matic lebih boros dari pada mobil dengan transmisi manual, seperti yang saya jelaskan diatas, karena putaran mesin tidak bisa kita atur saat berkendara, dengan begitu konsumsi bahan bakar juga lebih banyak.

·        Tidak capek

     Kaki anda tidak akan cepat capek atau lelah karena kaki hanya menginjak pedal gas dan kadang-kadang pedal rem.

· Kebanyakan tidak memiliki engine brake dan akselerasi kurang


   Engine brake adalah salah satu teknik pengereman yang menggunakan mesin sebagai bantuannya, namun di dalam mobil matic kebanyakan tidak bisa menggunakan teknik pengereman engine brake jadi jika saat turunan anda harus siap-siap dengan rem karena akan lebih sering digunakan.




http://jagatotomotif.id/kelebihan-dan-kekurangan-mobil-matic-transmisi-otomatis
http://www.viarohidinthea.com/2014/10/transmisi-manual-pada-mobil.html
http://id.wikihow.com/Mengendarai-Mobil-Transmisi-Otomatis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar