Senin, 26 September 2016

PERBEDAAN MESIN BENSIN DAN MESIN DIESEL

PERBEDAAN  MESIN BENSIN DAN MESIN DIESEL


A. Mesin Bensin 

Mesin bensin atau mesin Otto dari Nikolaus Otto adalah sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang menggunakan nyala busi untuk proses pembakaran, dirancang untuk menggunakan bahan bakar bensin atau yang sejenis.

Mesin bensin berbeda dengan mesin diesel dalam metode pencampuran bahan bakar dengan udara, dan mesin bensin selalu menggunakan penyalaan busi untuk proses pembakaran.
Pada mesin diesel, hanya udara yang dikompresikan dalam ruang bakar dan dengan sendirinya udara tersebut terpanaskan, bahan bakar disuntikan ke dalam ruang bakar di akhir langkah kompresi untuk bercampur dengan udara yang sangat panas, pada saat kombinasi antara jumlah udara, jumlah bahan bakar, dan temperatur dalam kondisi tepat maka campuran udara dan bakar tersebut akan terbakar dengan sendirinya.


Pada mesin bensin, pada umumnya udara dan bahan bakar dicampur sebelum masuk ke ruang bakar, sebagian kecil mesin bensin modern mengaplikasikan injeksi bahan bakar langsung ke silinder ruang bakar termasuk mesin bensin 2 tak untuk mendapatkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Pencampuran udara dan bahan bakar dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi, keduanya mengalami perkembangan dari sistem manual sampai dengan penambahan sensor-sensor elektronik







Gambar Mesin Bensin

Tabel Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Bensin


Kelebihan
Kekurangan
1.Memiliki kecepatan yang tinggi dan cenderung memiliki kekuatan yang lebih besar
1.Tekanan pembakaran mesin bensin rendah 
2.Pengoprasiannya lebih mudah
2.Tenaga Pada Mesin Bensin Rendah
3.Pembakarannya lebih sempurna
3.Penggunaan Bahan Bakar Boros


B. Mesin Diesel 

Motor bakar diesel biasa disebut juga dengan Mesin diesel (atau mesin pemicu kompresi) adalah motor bakar pembakaran dalam yang menggunakan panas kompresi untuk menciptakan penyalaan dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar.

Gambar Mesin Diesel :




Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Diesel 

Kelebihan
Kekurangan
1Mempunyai efesiensi yang relatif lebih tinggi dari pada mesin bensin
1. Harga mesin diesel lebih mahal dibanding harga mesin bensin
2. Apabila dibandingkan dengan mesin bensin, Mesin diesel ini lebih hemat dalam memanfaatkan bahanbakar.
2. Suara dan getaran pada mesin diesel jauh lebih besar dibanding suara dan getaran pada mesin bensin.
3Memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan apabila kita memakai mesin bensin
3. Karena tekanan pembakarannya lebih besar dari pada mesin bensin, maka mesin diesel harus dibuat dengan menggunakan jenis bahan yang tahan terhadap tekanan tinggi, selain itu, bahan yang digunakan juga harus memiliki struktur yang kuat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar